• Hai, Welcome ! Like us on:

Cara Menjadi Entrepeneur Sukses


Upin Ipin Edisi 4 29 April 2013 “Trik Gila Promosi Produk by Ippho ‘right’ Santoso
Salut mes amis coucou.. vous allez bien?
(salam untuk teman-temanku sayang :D... Bagaimana kabarnya?)
Kebetulan Upin Ipin kali ini duet dengan Ippho ‘right’ Santoso. Hmm, bagi teman-teman yang menjadi enterpreneur sekarang bisa memakai trik gila nya Ippho (sang pakar otak kanan, enterpreneur, marketer dan motivator internasional). Trik ini bisa dijumpai di buku Marketing Is Bulshit kaya Ippho sendiri. Di gramedia ada, di Sandra juga ada :D
Berikut beberapa trik yang kreatif, liar and it works 
1. Titip Nama. Setiap kali mengirim SMS, e-mail, ber gabung di milis, memberi testimoni, atau sejenisnya, pastikan teman-teman menitipkan nama, merek dan keunggulan bisnis/produk teman-teman. Yah, kapan lagi bisa promosi gratis :D
2. Sisip Nomor. Buatlah stiker atau poster yang memuat nomor-nomor penting seperti kantor polisi, rumah sakit, pemadam kebakaran, dll. Yang jelas, jangan lupa sisipkan merek dan nomor telepon teman-teman. Dijamin akan disimpan dan dipampang oleh konsumen dengan baik.
3. konter informasi. Hampiri konter informasi di mal dan bilang kepada petugasnya, “Pak, tolong panggilkan Pak Samsi. Isinya, Pak Samsi dari katering Putri Bungsu harap ke konter informasi. Ada pesanan kotak dari DPRD. Ditunggu segera”. Tentu trik ini sangat tokcer. Karena teman-teman disini bertindak sebagai pemilik katering Putri bungsu. Akan lebih tokcer bila Pak Samsinya ada di mal tersebut :D
4. SMS request. Cari tahu jadwal request lagu di radio ternama di kota teman-teman. Terus, ketiklah SMS seperti ini “Minta lagunya joshua yang diobok-obok dong. Dikirim buat Sandra yang sedang di Water Boom X, cepet pulang, jangan kelamaan, mentang mentang wahananya bagus-bagus terus betah disitu”. Tidak penting Joshua dan diobok-oboknya, yang penting adalah Sandranya, Hloh?!?!?!? Bercanda , yang penting adalah Waterboom Xnya yang terpromosi berkat SMS ini. Disini teman-teman diibaratkan pemilik waterboom Xnya. Nah biaya sms berapa? Kan sekarang banyak gratisan, jadi ya nilai promosi teman-teman hampir 0 rupiah. Dan itu cetar membahana badai tornado gempa tsunami pelanggan !\
5. Lemming effect. Bisnis yang ramai semakin ramai, bisnis yang sepi semakin sepi. Itulaf fatkanya dari Lemming effect. Jika teman-teman sedang membuka bisnis baru, maka pastikan tempat teman-teman itu ramai. Mintalah saudara, teman, pacar, tetangga untuk hilir mudik di tempat bisnis teman-teman. Misalnya baru membuka bengkel, maka mintalah mereka untuk parkir kendaraan mereka di bengkel teman-teman. Dan buatlah kesibukan layaknya bengkel udah jalan bertahun-tahun. Konsumen hanya tertarik dengan usaha yang udah terbukti jalan. Berlaku juga untuk restoran, salon, klinik, kursus, dll.
Ini baru sepenggal doank sih, sebenarnya ada tahap selanjutnya setelah promo ini berjalan. Pembeli adalah raja, tetapi tidak berarti penjual adalah budak. Ingin tahu lebih lanjut, baca bukunya Ippho atau menunggu Upin ipin selanjutnya :D. Rencananya upin ipin mau jalan-jalan ke AS, ketemu Robert T Kiyosaki nih :D. Siapa tahu Robert T Kiyosaki itu siapa? Hayoooooo.. beliau adalah enterpreneur dan terkenal dengan bukunya “Cashflow Kuadran” yang bermanfaat buat pengusaha dan marketer.
Sekian dulu Upin Ipin kali ini. Terma kasih sudah berkenan meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini.
Au revoir (sampai jumpa).

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berargumentasi. ^_^
Readers may send comments on this post. The contents of comments not represent the views, opinions or policies Ikatan Alumni Titian Foundation and entirely the responsibility of the sender.

Readers can report a comment if it is considered unethical, abusive, defamatory, or redistributed. Ikatan Alumni Titian Foundation will consider each complaint and may decide to keep or delete the comment display.