• Hai, Welcome ! Like us on:

Berbagi Pendidikan dengan Anak-anak Kaki Merapi


Berbagi Pendidikan dengan Anak-anak Kaki Merapi


Suasana antusias anak-anak ketika maju menuliskan jawaban dari pertanyaan pengajar.


            FOSMA MENGAJAR adalah salah satu program kerja dari UKM FOSMA UNY (Forum Musyawarah Mahasiswa), FOSMA MENGAJAR atau FM ini bertujuan untuk membantu memajukan pendidikan di daerah-daerah terpencil yang berada di Yogyakarta, FM telah bekerjasama dengan kepala dusun didaerah Magelang yang berada tepat dibawah kaki gunung merapi yang bersuhu dingin.
            Pagi itu jam 07.15 kami rombongan dari FOSMA MENGAJAR sampai disana dengan rasa tidak sabar ingin segera menularkan ilmu kepada anak-anak yang riang menyambut kedatangan kami, kemudian kami bergegas untuk membagi diri dan mengajar ke kelas-kelas dari kelas 1 sampai kelas 6 SD. Beraneka ragam pelajaran tersedia disitu, mulai dari belajar menulis untuk anak-anak TK, ada yang belajar tentang dunia hewan, tumbuhan, dan bahasa inggrisnya untuk anak-anak SD kelas 1 dan 2, ada yang belajar bilangan pecahan, pembagian untuk anak SD kelas 3, ada  yang belajar tentang sisi, titik sudut, rusuk kemudian pemeranan dialog dalam pelajaran bahasa Indonesia untuk kelas 4 SD, lalu ada pelajaran matematika dan sejarah untuk kelas 5 SD dan kelas 6 SD mempelajari tentang persiapan UN.
            Beraneka ragam ekspresi ditunjukkan oleh anak-anak tersebut ada yang sangat antusias untuk aktif maju menjawab pertanyaan yang diberikan oleh  pengajar, ada juga yang keluar meninggalkan kelas karena ingin melihat kelas yang lain. Banyak kejadian-kejadian yang menarik disana bisa memberikan ilmu yang sangat berguna untuk masa depan mereka. Sebenarnya mereka memiliki potensi yang luar biasa untuk menuntut ilmu ini, mereka giat dan rajin untuk belajar.
            Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 9.00 WIB, anak-anak yang melihat jam dinding itupun bergegas mengemasi peralatan belajar dan memasukkan kedalam tas, dan waktunya kami untuk mengakhiri pelajaran pada pagi yang menyenangkan ini. Dan setelah ini kami sedikit berdiskusi dengan pemuda dan kepada dusun untuk membahas besok akan mengadakan try out untuk yang kelas 6, dan juga kami banyak berdialog disitu mengenai masa depan anak-anak didaerah situ yang hanya berpendidikan SMP kemudian bertani salak dan bapak kepada dusun juga bahwa tingkat kesadaran orang tua akan pendidikan anaknya itu masih kurang jadi masih berpola dengan kehidupan yang dulu, serta masih banyak frame-frame negatif.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berargumentasi. ^_^
Readers may send comments on this post. The contents of comments not represent the views, opinions or policies Ikatan Alumni Titian Foundation and entirely the responsibility of the sender.

Readers can report a comment if it is considered unethical, abusive, defamatory, or redistributed. Ikatan Alumni Titian Foundation will consider each complaint and may decide to keep or delete the comment display.