• Hai, Welcome ! Like us on:

Opini Go Green


 Go green, dua kata yang sering kita denga dan memiliki artian kata yaitu “penghijauan atau penyelamatan bumi”,
dimana penghijauan ini di lengket dengan adanya penyelamatan bumi ini yang tanpa terasa di sadari dari hari ke hari bumi yang indah ini semakin menuju ke kondisi yang kritis dan suatu saat nanti akan sangat membahayakanbagi manusia.
             Sebenarnya keseharian yang kita lakukan dan kita tidak tahu atau tidak mau tahu tentang dampaknya,itu turut serta menyumbangkan pemanasan global, sebut saja ketika membeli sesuatu pasti dengan tidak langsung dari penjual memberikan plastik sebagai pembungkus,dan kebanyakan 70% dari plastik pembungkus itu sudah pasti dibuang karena dianggap tidak bermanfaat. Diperkirakan ada 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik digunakan penduduk dunia dalam satu tahun.Ini berarti ada sekitar 1 juta kantong plastik per menit. Untuk membuatnya saja diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta pohon ditebang. Pemakaian kertas yang kita gunakan setiap hari itu berasal dari pohon yang setiap hari ditebang dihutan. Bayangkan saja berapa pohon yang ditebang dalah sehari dan berapa pohon yang ditanam setiap hari, apakah ada keseimbangan? Di Pasuruan contohnya setiap tahun menebang 1 juta meter kubik untuk pemenuhan kebutuhan industri. Namun berapa yang mereka tanam dalam 1 tahun, apakah mencapai 1 jutameter kubik dalam 1 tahun?
               Lantas apa yang harus dilakukan? Apakah hanya berdiam diri melihat bumi ini akan hancur dan kelak cucu-cucu kita akan mendapatkan bumi yang hancur akibat ulah kita sekarang?. Sekarang banyak program dari organisasi-organisasi yang mengalakkan program go green di lingkungan-lingkungan yang perlu disegarkan kembali, maka dukunglah dan ikutlah menjadi bagian untuk menyelamatkan bumi. Dilingkungan kampus semisal dengan membersihkan sampah dilingkungan kampus, bukan hal sulitkan. Jika satu mahasiswa satu sampah saja dan jika ada 36 ribu mahasiswaberapa sampah yang kita ambil dan berapa banyak manfaat yang akan kita peroleh kelak. Selain itu kita juga harus peduli dengan lingkungan, mengurangi penggunaan AC, kertas, dan yang membahayakan bagi keselamatan bumi.
       Yang pasti permasalahan go green atau penyelamatan bumi ini tidak cukup untuk terus didiskusikan, digembor-gemborkan, atau ditempel dimana-mana, pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai go green itu tidak memiliki arti jika tidak adanya aksi nyata untuk memulai. Go green adalah sesuatu yang harus dijalankan karena bumi ini untuk kita, untuk anak kita, untuk cucu kita jadi lakukan pembenahanbumi ini sekecil apapun itu bentuknya.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berargumentasi. ^_^
Readers may send comments on this post. The contents of comments not represent the views, opinions or policies Ikatan Alumni Titian Foundation and entirely the responsibility of the sender.

Readers can report a comment if it is considered unethical, abusive, defamatory, or redistributed. Ikatan Alumni Titian Foundation will consider each complaint and may decide to keep or delete the comment display.